“COLORFULL PURWOREJO

Menindaklanjuti Surat Edaran Panitia HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Kabupaten Purworejo nomor; 06/HUT/VIII/2023  edaran peserta karnaval tingkat SD dan SMP. Maka dari itu SMP Negeri 6 Purworejo ikut berpartisipasi dalam karnaval tersebut sekaligus memeriahkan Hari Kemerdekaan  ke-78 Republik Indonesia.

Karnaval Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia telah diselenggarakan pada hari Sabtu, 19 Agustus 2023. Rute Karnaval mengikuti rute daari Panitia HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Kabupaten Purworejo. Rute Karnaval Dari Panitia HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Kabupaten Purworejo yaitu :

Bu Wahyu Kurnia Lestari selaku kepala sekolah mengerahkan semua warga sekolah untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Sehingga kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik seperti rekapan kegiatan seperti dibawah ini:

  1. Tahap Persiapan Karnaval
  • Pengumpulan Orang Tua / Wali siswa dilakukan pada Selasa, 08 Agustus 2023 Pukul 10.00 bertempat di Ruang Keterampilan SMP Negeri 6 Purworejo. Dengan keperluan untuk koordinasi partisipasi orang tua / wali siswa dalam karnaval Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia
  • Properti Karnaval dibuat secara manual oleh siswa dan bantuan bapak/ibu guru dan karyawan.
  • Persiapan akhir menjelang pelaksanaan meliputi make up rias bagi peserta karnaval putri, Pemakaian kostum karnaval dan finishing detail detail kecil lainnya sebelum pemberangkatan menuju titik kumpul di Alun-Alun Purworejo.

  1. Tahap Pelaksanaan Karnaval

 Tahap Pelaksanaan dimulai dari pemberangkatan peserta dari SMP Negeri 6 Purworejo menuju titik kumpul di Alun-Alun Purworejo, Peserta memasuki area titik kumpul melalui depan masjid Jami’ Purworejo kemudian peserta menunggu giliran antrian peserta.

Setelah sampai pada no urut Siswa SMP Negeri 6 Purworejo segera memasuki rute karnaval melalui pintu dekat air mancur kemudian segera menuju panggung kehormatan dan melanjutkan sesuai rute yang telah ditentukan , Susunan barisan karnaval siswa SMP Negeri 6 Purworejo terdiri dari :

  • Barisan Bendera dan Logo SMP Negeri 6 Purworejo

Tediri dari 15 orang yang berasal dari kelas 8 dan 9 .Bertugas membawa logo SMP Negeri 6 Purworejo, Banner dan Bendera Sang Merah Putih.

  • Barisan Drumband

Terdiri dari 52 Orang , yaitu Mayoret 7 orang, Bass drum 5 orang ,Senar drum 10 orang, Tenor drum 10 orang , Triple drum 2 orang, Balira 9 orang , Bendera 9 orang . yang berasal dari kelas 7 dan kelas 8.

  • Barisan Ecoprint

Terdiri dari dari 21 orang dari kelas 8 dan kelas 9. Pemanfaatan bahan alami untuk pembuatan ecoprint merupakan suatu usaha kecil dan menengah yang dapat meningkatkan perekonomian rakyat di kabupaten Purworejo menuju Purworejo Mulyo.

  • Barisan Kreativitas Koran Bekas

Terdiri dari 21 siswa kelas 8 dan 9. Kreativitas anak bangsa yang menampilkan gaun – gaun cantik yang memodifikasi barang bekas menjadi sesuatu yang baru sehingga menarik dan membuat remaja menjadi cantik dan mempesona.

  • Barisan Adat dan Budaya

Terdiri dari 21 siswi berpakaian adat budaya dan 18 orang siswa berpakaian prajurit lengkap dengan atribut tameng dan pedang hiasan. Siswa terdiri kelas 8 dan kelas 9 . Kita membutuhkan keamanan dan kenyamanan dalam hidup berbangsa dan bernegaramari bahu membahu untuk menjaga ketertiban lingkungan.Prajurit bertameng menggambarkan benteng perlindungan diri, keluarga, dan  masyarakat/ lingkungan. Yang tercermin dalam keragaman budaya yang patut kita   pertahankan dan kita lestarikan keberadaannya untuk mempercantik khasanah budaya Indonesia.

 

 

 

Leave a Comment